Donasi itu kemana??

Pernah ga sih kalian belanja di alfamart,trus pas bayar si kasir bilang gini,”ini sisanya boleh untuk donasi pak/bu?”
Gue sering banget!apalagi karena frekuensi beli susu ato pampers anak itu pasti seminggu ato paling lama dua minggu sekali!
Awal2 sih gue ga terlalu mikir,bole2 aja lah,itung2 amal..tapi abis itu gue mikir(karena terlalu sering yes ngalamin itu),sebenernya uang kembalian yang 100perak ato 200perak itu didonasiin kemana sii???
Gue sendiri kok ga pernah denger di tipi2 gitu,ato liat di medsos “Penggalangan Dana Lewat Donasi Konsumen Alfamart Telah Diberikan Kepada Blablabla”…yaaaaaahh emang beneran ga ada,ato gue aja yang ngepas ga liat ato ga pernah denger…
Akhirnya berimbas juga ke gue sekarang,kalo abis belanja itu dan dan si kasir bilang,ini lalu kembaliannya mau didonasikan ato ga bu,langsung gue jawab ga mas saya ambil!teserah deh dianggep gue pelit,cuma gue sendiri mikir lahh gue tiap belanja trus donasi2 gitu tapi ga pernah jelas buat apa juga coba!?
Beda lagi kalo indomaret…indomaret kayaknya sih pas bayar ga ada model2 donasi gitu,tapi indomaret itu pelit buat ngasih kembalian yang receh!
Misal ni,kalo abisnya 125.400 pasti bilangnya 125.500,,ato kalo abisnya 125.900 bilangnya 126.000…
Yang lebih buat kesel lagi,dulu gue pernah belanja susu sama pampers itu sekitar 264.400,dan gue uda ngebatin ni pasti ntar bilangnya abisnya 264.500…pas gue bayar pake 300.000 dan tebak apa yang gue terima??borobor yess kembalinya 35.500(gue beranggapan yang 100 pasti uda dibulatin),kembalian yang gue dapet itu cuma 35.000 sama permen 6 buah!!!bayangin bray,PERMEN!!lu kata indomaret warung ecek ecek pinggir jalan apa yaa!!
Sumpah dehh,gue waktu itu keselnya minta ampun!!spontan aja gue bilang gini,”ga ada receh ya mbak?itu permen tinggal aja mbak!aku ga mau kembalian mosok diganti permen!”.
Beda alfamart,beda indomaret,cuma hampir sama intinya…mereka sepertinya males ngasi kembalian receh ke konsumen!padahal sering juga gue liat pas mereka ganti shift,mereka bawa kantong plastik putih itu isinya receh 200 ato 500an…lha ini kenapa mereka susah banget yaa yang namanya ngasih receh gitu??
Sebenernya gini,gue kupas satu2 yaa:
1. Kalo pihak alfamart transparan donasi itu meluncur kemana,si kasir ngejelasin ini donasi untuk anak yatim bu,ato di tipi dan medsos ada penjelasan kalo donasi selama ini untuk blablabla dan saat penyaluran hasil donasi jelas,mungkin masyarakat ga akan segan kembalian receh itu didonasiin..itu juga amal akhirat kann…
2. Kalo pihak indomaret transparan,ini receh yang dibulatin untuk tambahan gaji karyawan bu,ato ini receh yang dibulatin untuk tambahan biaya operasional toko bu,mungkin masyarakat pasti akan sukarela ngelewatin itu receh demi karyawan2 indomaret,,,cuma PLEASE JANGAN PERMEN!!UDA GA JAMAN CUY!!
3. Dan kenapa juga gue sedikit protes?bayangin aja,dari satu orang yang belanja di indomaret ato alfamart,uda ga dapat kembalian itu 200perak!padahal yang belanja sehari itu umpama ada 25orang!brati 200×25 brati 5000 perhari!trus kalo sebulan 5000×30 brati 150.000!trus kalo setaun 150.000×12 brati 1.800.000!dan itu kalo hari liburan pasti lebih dari 25orang yang dateng!
-_-
Gue sebenernya sii ga protes juga si,cuma sebagai emak2 gue sedikit mempertanyakan aja sii itu receh2 kemana…
Secara gue belanja sayur aja masi bisa gue tawar..kembalian di warung kecil aja yang paling 100perak juga dikasih,lha ini toko retail paling banyak yang bertebaran di Indonesia kenapa males banget ngasi receh??
Buat emak2 kayak gue ini,yang namanya receh itu tetep diitung lhoo…mau seberapa pun dikitnya itu…
Yahh sekali lagi,entah ini cuma unek unek gue aja,ato diluar sana ada yang pro juga sama sedikit pendapat gue ini…
Yang setuju,katakan like! (Ala mariyo tegal).

Leave a Reply

