HAM = melindungi atau “melindungi”

Tetiba pingin ngoceh ini,yahh karena kejadian rame baru2 ini tentang maraknya kasus perkosaan dan pembunuhan,selain itu gue sendiri cewe..anak gue cewe,gue punya ibu juga ibu mertua,gue punya kakak cewe,juga punya adik ipar cewe,juga punya keponakan cewe…
Banyak yang berpendapat kalo si pelaku(dilihat dari kasus YY ato EN ato balita dibogor),dapet hukuman penjara 9taun itu telalu ringan!masyarakat menginginkan hukuman dari dikebiri,dihukum seumur hidup,sampe dihukum mati!tapi lagi lagi,semua itu berbenturan dengan sebuah lembaga negara yang mengatas namakan HAM!bukan mau mendiskreditkan kinerja sang lembaga,sebenarnya ada benernya juga,beliau beliau ini kekeuh mempertahankan hak hidup dari pelaku.
Dasarnya adalah UU no.39 tahun 1999 tentang HAM :
-pasal 4 : Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kebebasan pribadi, pikiran dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi dan persamaan di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun dan oleh siapapun.
-pasal 5 ayat 2 : Setiap orang berhak mendapat bantuan dan perlindungan yang adil dari pengadilan yang objektif dan tidak berpihak.
-pasal 9 ayat 1 : Setiap orang berhak untuk hidup, mempertahankan hidup dan meningkatkan taraf kehidupannya.
-pasal 33 ayat 1 : Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan, penghukuman atau perlakuan yang kejam, tidak manusiawi, merendahkan derajat dan martabat kemanusiaannya.
-pasal 33 ayat 2 : Setiap orang berhak untuk bebas dari penghilangan paksa dan penghilangan nyawa.

Tapi hak asasi yang diperoleh si pelaku,berlaku juga untuk para korban…dan ini juga diatur di UU yang sama UU no.39 tahun 1999 tentang HAM.dasarnya disini adalah:
-pasal 1 ayat 4-6
-pasal 3 ayat 1-3
-pasal 4
-pasal 5
-pasal 7
-pasal 9 ayat 1-3
-pasal 17
-pasal 29 ayat 1-2
-pasal 30
-pasal 33 ayat 1-2
-pasal 35
-pasal 45
-pasal 52 ayat 1-2
-pasal 53 ayat 1
-pasal 58 ayat 1-2
-pasal 65
*disini sengaja gue skip penjelasan UU HAM yang melindungi para korban,karena bisa loe semua liat langsung di websitenya lembaga ini,juga kalo gue ketik segitu banyak,setdahh syapekk cyinn..
Source from : komnasham.go.id
————————————–
Nah berbekal UU itu,beberapa elemen masyarakat agak terbelah(yaa walopun banyak yang pro korban),cuma kalo gue sendiri,dan ini juga bedasarkan UU HAM,gue berhak merasakan hidup aman!gue berhak untuk menginginkan anak anak gue,ato keponakan keponakan gue,bermain bebas di pelataran rumah,tanpa terbersit ketakutan terhadap predator anak dan predator wanita!
Cumaaa kembali,para pelaku juga punya keluarga…ga memungkinkan kalo pelaku dihukum berat,itu akan menimbulkan efek dendam keluarga korban!mereka akan antipati terhadap masyarakat yang uda mengirimkan anggota keluarga mereka untuk dihukum mati,ato dihukum kebiri!
Itu barusan dari pihak pelaku!sekarang kalo dari pihak korban!mereka lebih lebih akan berteriak dengan keras “KEADILAN DIMANA”,saat anggota keluarga mereka ditemukan tak bernyawa setelah sebelumnya mengalami penyiksaan dan pemerkosaan terlebih dahulu!
Tapi malah si pelaku oleh negara hanya dihukum 9tahun karena terbentur HAM!dan setelah bebas,bukan ga mungkin,si pelaku mengulangi hal bejat yang sama dengan orang lain!karena mereka sendiri berpikir,”toh hanya 9tahun!”.
Sumpahhh deh,gue sendiri yang masyarakat awam juga ngrasa gregetan,tapi juga ngerasain kebingungan sama yang dirasain bapak bapak di lembaga ini!
Mau ngehukum berat,salah…ga ngehukum berat,juga salah…
Auk lah pak…itu kerjaan bapak saja yaa…gue sendiri cukup ikutan ngoceh aja lah…cuma gue minta kepada bapak bapak terhormat di lembaga HAM ini,tolong lindungi putra putri Indonesia!
Mereka semua juga berhak hidup aman,berhak mendapatkan perlindungan dari negara,dan berhak mendapat bantuan hukum yang sederajat dengan manusia lainnya!
Semoga memang UU no.39 tahun 1999 ini bukan hanya “melindungi” hak pelaku,tapi juga melindungi hak para korban…doa gue,semoga win win solution ya pak!
Mari berjuang untuk Indonesia yang aman!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s