Flu flu apa yang gawul?Flu Singapura…

Flu Singapura atau biasa dikenal juga dengan penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini biasanya menyerang anak kecil tapi bisa juga terjadi pada orang dewasa.
Pengidap flu Singapura biasanya mengalami bintil-bintil air dan luka-luka di sekitar atau di mulut, tangan dan kaki. Tapi, terkadang luka-luka tersebut juga muncul di siku tangan, bokong, lutut, dan lipat paha.

image

Gejala Flu Singapura
Masa inkubasi flu Singapura berlangsung kurang lebih satu minggu sebelum munculnya tanda dan gejalanya, yaitu:
-Demam tinggi.
-Sakit tenggorokan.
-Hilangnya nafsu makan.
-Muncul luka seperti melepuh berwarna merah di lidah, gusi, dan bagian dalam pipi.
-Ruam merah
-Bayi dan balita akan rewel dan mudah marah.
-Sakit perut.
-Muntah.
-Batuk.
Umumnya, penyakit flu Singapura diawali dengan munculnya demam. Setelah itu, sekitar satu atau dua hari, akan muncul tukak atau luka di sekitar gusi, lidah, dan pipi bagian dalam. Kondisi inilah yang bisa membuat Anda kesakitan saat minum, makan, atau menelan. Tidak lama setelahnya, ruam muncul di sekitar telapak tangan dan kaki, serta terkadang pada bokong dan selangkangan.
Kebanyakan kasus flu Singapura, penderita tidak membutuhkan bantuan medis, karena gejala-gejala penyakit akan mereda dengan sendirinya dalam waktu tujuh hari tanpa penanganan apa pun. Tapi jika penderita mengalami dehidrasi, gejala tidak membaik dalam waktu satu minggu, dan muncul gejala fisik lainnya, segera berkonsultasi dengan dokter.
Penyebab Flu Singapura
Kelompok virus bernama enterovirus A yang menjadi penyebab flu Singapura. Virus coxsackie A16, A6, A10, dan enterovirus 71 adalah jenis-jenis enterovirus A yang paling sering menyebabkan munculnya flu Singapura.
Virus jenis ini menyebar ke jaringan di mulut, sekitar amandel, dan masuk ke dalam sistem pencernaan. Hingga akhirnya menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Akan tetapi sebelum virus menyebar ke organ-organ vital, sistem imunitas tubuh akan mengendalikannya.
Sumber utama penyebaran kelompok virus ini adalah melalui mulut. Penyebaran flu Singapura dari satu orang ke orang lain adalah kontak langsung dengan penderita, melalui:
-Cairan dari hidung maupun tenggorokan yang keluar saat bersin.
-Air liur atau ludah yang terlempar ke udara saat batuk.
-Cairan yang berasal dari luka melepuh.
-Permukaan benda yang sudah terkontaminasi oleh kotoran penderita (tinja).
Pengobatan dan Pencegahan Flu Singapura
Umumnya, flu Singapura tidak membutuhkan pengobatan. Kondisi ini biasanya pulih dengan sendiri setelah kurang lebih satu minggu. Flu Singapura disebabkan oleh virus, jadi Anda tidak bisa mengonsumsi antibiotik untuk meredakannya. Namun, Anda bisa melakukan beberapa perawatan sendiri untuk meredakan gejala-gejalanya:
-Beristirahat secukupnya dan berikan banyak minuman dingin untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.
-Jangan memberikan makanan atau minuman asam dan pedas, karena bisa membuat luka di mulut dan akan terasa lebih perih.
-Berikan makanan lunak dan juga sup, karena kondisi ini akan membuat mereka kesulitan dalam menelan.
*Untuk mengurangi resiko penyebaran flu Singapura, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:
-Mengisolasi penderita flu Singapura. Flu Singapura sangat mudah menular, oleh karena itu penderitanya disarankan untuk diisolasi hingga sembuh.
-Membersihkan area-area yang dicurigai terkontaminasi virus. -Bersihkan area-area yang dicurigai terkjontaminasi virus (pakaian, seprei, meja, peralatan makan) menggunakan air dan sabun, kemudian bersihkan lagi dengan pemutih klorin.
-Cucilah tangan dengan bersih.
-Cobalah untuk mencuci tangan dengan bersih secara rutin, khususnya setelah BAB, mengganti popok anak, menyiapkan makanan, dan sebelum makan.
-Ajarkan cara menjaga kebersihan. -Ajarkan pada anak bagaimana menjaga kebersihan anggota tubuhnya sendiri, sebab anak-anak di bawah 10 tahun rawan tertular flu Singapura.
-Hindari berbagi peralatan maupun mencium anak yang sedang menderita flu Singapura.
Komplikasi Flu Singapura
Ada beberapa komplikasi flu Singapura, tapi memang jarang terjadi. Beberapa komplikasi flu Singapura adalah:
-Dehidrasi. Luka yang muncul pada rongga mulut dan tenggorokan bisa mempersulit penderita untuk minum cairan, yang bisa membuatnya mengalami dehidrasi.
-Meningitis virus. Virus penyebab flu Singapura bisa mengakibatkan meningitis virus, jika virus tersebut bisa masuk ke otak. Meningitis virus adalah infeksi selaput yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang. Akan tetapi, komplikasi ini jarang terjadi.
-Ensefalitis. Ini adalah komplikasi paling serius dan paling jarang terjadi dari flu Singapura. Ensefalitis merupakan infeksi virus yang menyebabkan jaringan otak membengkak dan meradang. Ensefalitis juga bisa menyebabkan kerusakan otak cukup parah, dan akhirnya berujung pada kematian.
Source : alodokter.com
Source picture : google
————————————–
Kenapa gue nulis ini?karena gue sendiri lagi ngalamin hal ini…bukan gue si,cuma keponakan gue sama lilprincess(cuma semoga aja masi gejala)..
Jadi awal mula lilprincess dulu,dese sempat ga mau makan,dan rewelnya Masya Allah!dan usut punya usut ternyata dese stomatitis ato sariawan sampe 4 tempat di mulutnya!
Gue belum telalu panik si,cuma takut aja kalo tu flu singapur..secara anak temen gue sakit flu ini diawali dengan stomatitis yang parah baru trus keluar ruam ruam nya…
Setelah gue beliin kandistatin sama hufanoxil,syukur Alhamdulillah lilprincess mang beneran stomatitis!sekarang dese sendiri uda mau makan,dan ga telalu rewel lagi!
Ehh baru aja ngucap syukur,keponakan gue beneran kena flu singapur!FYI,flu ini mang beneran nular lewat kontak air ludah,jadi kalo cuma sentuhan tangan aja belum tentu langsung menular..
Dan keponakan gue ini,ketularan karena disekolahnya dese ada anak yang kena flu ini!
Malah kata nyokap gue,ni anak lagi parah parahnya sakitnya!pipi sampe melepuh dan berair semua,mirip cacar si,cuma ini nyerang kaki dan tangan dan muka..dan karena orang tua si anak ini sibuk semua,dengan tepaksa si anak yang lagi sakit ini tetep berangkat sekolah…
Dan keponakan gue,pulang sekolah tu langsung demam..besoknya langsung keluar ruam…
Nyokap gue yang notabene neneknya,langsung panik..nginget2 keponakan gue ini abis makan apa,dan maen dimana..
Dannnn tararajengjengg setelah dibawa ke dokter,keponakan gue fix kena flu singapur!
Omaigattt banget,abis lilprincess sakit,sekarang kakaknya yang sakit!kan pusing gue!
Karena daya tahan lilprincess yang baru aja sembuh ini,bisa bisa ketular kakaknya!cuma semoga aja si jangan!Bismillah semoga ga deh!
Moral from this story :
Kesehatan itu bener bener mahal harganya gaes!pas qta diberi nikmat sakit,beneran kerasa banget kalo seakan akan ga pena yang namanya bersyukur atas rizki sehat!qta telalu sibuk mencari rizki yang terlihat(baca : uang),tapi saat sakit,baru sadar kalo memang Allah Swt tidak meridhoi untuk sembuh,mau punya berapa banyak uang pun,sehat ga akan diraih!ato saat Allah Swt uda meridhoi untuk sembuh,semua uang yang qta kumpulkan saat ini,uda abis untuk biaya berobat..(kalo ini bedasarkan pengalaman nyata almarhum om gue yang beneran kaya,tapi pas sakit sampe abis abisan,dan akhirnya meninggal di RS Silo*am Jakarta).
Ahhh gue ngomongnya telalu jauh ni,mwhehehe intinya selalu jaga kesehatan gaes!nikmati rizki sehatmu,sebelum nikmati rizki sakitmu…

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s